Selasa, 27 April 2010

Ulang Bulan Zia(1 bulan) dan Rana (17 bulan)

Alhamdulillah,nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan? aku bersyukur sekali saat ini dikaruniai 2 angel yang macan (manis dan cantik hoho..) hingga hari-hariku kayaknya ga bisa jauh-jauh dari mereka. Kayak misalnya tiap hari ada aja kelakuan si kakak yang bikin aybunnya geli dan terkekeh-kekeh kekekekkek. Terlebih sekarang anggota keluarga kami bertambah satu dengan kehadiran Ghazia..jadinya tambah rame deh rumah kami dengan tangisan mereka..apalagi kalo malem..masyaALLAH deh.lomba deh pa kenceng-kenceng nangisnya..
Sekarang Zia sudah masuk 1 bulan dan kakanya Rana udah makin gede aja,17 bulan. Ada untungnya juga tanggal lahir mereka deketan, 28 dan 30, pertama kalo imunisasi bisa barengan,kedua kalo ngadain pesta ultah bisa diborongin hehehe,jadi ga capek 2 kali.(weleh kayak bakal dirayain aje ultahnya tiap tahun!!),ketiga kalo ngasih kado bisa dibarengin hehe (mau ga yah mereka??). Tanggal 26 April kemaren kita borongan ke RS Bunda Margonda buat imunisasi..yuuuk mare….
Setelah ditimbang BB Zia udah 4,1 kg..Alhamdulillah naeknya 1 kg sedangkan si kaka 9,46 kg..weleh-weleh dulu umur 9 bulan BB Rana 8,46 kg. berarti dalam 8 bulan kenaikan BBnya hanya 1 kg…wajar ga yah?tapi si kaka emang susah makan sih. Untungnya udah ga jaman tuh mikirin tumbuh kembang anak lewat BB (khususnya buat aku yg dulu uring-uringan ngeliat kenaikan BB Rana yang irit) jadi aku ga mikir yang terlalu gimana gitu,sampe ga bisa tidur,ga bisa makan,ga bisa shopping (hehe lebay ah)yang penting tingginya nambah,anaknya lincah,kosa katanya makin banyak dan udah ngerti diajak bicara dan diperintah.
Oleh Dr.Rianita, Zia imunisasi Hepatitis B yang ke-2 dan Rana imunisasi MMR(rada telat karena si ayah ga setuju Rana diimunisasi). hebat loh anak-anakku! Rana sama sekali ga nangis, pas disuntik anteng aja dia…dan tetep ga bisa diem diruang bu dokter setelah selesai disuntik. adeknya Zia juga nangisnya bentar Cuma ngek dikit terus diem lagi..ya dong masa kalah sama kakak ya dek?! . Oh iya Rana lagi kena sejenis jamur gitu di bagian leher,awalnya kayaknya biang keringat, digaruk keras dan akhirnya berkompilasi sama jamur,jadilah tambah banyak..merah-merah ruam banyak banget….serem liatnya juga,ga abis tuh ruam digaruk-garuk terus sama sikakak.awalnya sedikit,tapi karena digaruk sana-sini akhirnya beuki weh tu ruam nyebar kemana-mana.
Kalau dari segi perkembangan Zia, belum banyak yah yg bisa diharapkan..karena masih terlalu kecil..yg jelas sekarang Zia udah ga banyak bobo kayak dulu baru lahir. matanya melek mulu terlebih di jam 01.00 sampe jam 06.00 sehingga terpaksalah aku menemaninya ga bobo hiks hiks..sepertinya matanya juga udah mulai melihat namun samar karena dia bisa ngikutin arah benda yg ditaruh di depan matanya yg digerakin ke kiri dan kanan. Sejauh ini Rana menerima kehadiran adeknya, dia sering cium-cium dan cubit-cubit.tapi dia ga rela kalau adeknya nenen,diapun harus nenen..itukah yang namanya cemburu?
Kalau kakanya, Rana..Alhamdulillah..kosakatanya nambah banyak, dari yang Cuma bisa mimim,mamam,nenen sekarang udah tambah beberapa kata. ceca’(cicak),mpu(lampu),abis, aziz(lagi)..ini agak bingung juga kok nyimpangnya jauh bgt!, lia’(liat), amin(kalo dibacain doa), apu(sapu), gaja(gajah),mau.ga mau, Zia, nene(nenek)..apalagi yah..huhu lupa. Sedihnya sampe sekarang Rana belum bisa ngomong ayah..apalagi bunda yang susahan dikit.(padahal mah udah diajarin terus sama kita) kemampuan motorik halus yg baru-baru ini bisa dilakukan adalah memasukkan uang recehan kedalam celengan yang lubangnya sempit. Rana juga sudah bisa menirukan gerakan sholat (takbiratul ikram) sambil bilang AWLOO(Allah)..tangan disedekepin terus mulutnya komat-kamit deh hihihi..sujud juga bisa walaupun belum sempurna…Hobinya Rana adalah nyapu heheh…bakat jadi ibu-ibu neh! dan ngacak-ngacak apapun yang bisa diacak-acak..beberapa emang dia masukkin lagi ke tempatnya tapi kayaknya lebih banyak engganya deh!!sampe underwear kakeknya dieksplorasi dan dimasuk-masukin ke kepala terus dicium-cium huahahaha..ada ada aja kau nak!
oh iya anak bunda yang satu ini..hehehe…sama sekali tidak takut kucing…tangannya suka nyuapin kucing, suka ngedeprok dilantai (serasa di pantai)sambil mandangin kucing-kucing di belakang rumah nenek dengan takjub. Ga takut sama sekali dicakar atau digigit,dia deket banget sama kucing. tapi kalo liat kecoa atau kupu-kupu, rana langsung bergidik ngeri dan nangis menjerit(hampir mendekati histeris saking takutnya).
Sebenarnya masih ada kemampuan-kemampuan yg bertambah setiap harinya,Cuma aku agak-agak lupa(ibu-ibu ga merhatiin anak tuing..tuing!!).Yang penting sebagai ibunya aku bangga suit..suit..walopun tetep sedih belum bisa dipanggil bunda sama anaknya. seringnya sih bilang mah..mah…gitchu(tapi kan ga pernah kuajarin manggil mamah!)tapi ga masalah kok..Insya ALLAH nanti juga si kakak bisa. PRku masih banyak nih, aku merasa kurang banyak menstimulus aja sama Rana kayak ngebacain buku, ngenalin,huruf,warna, bentuk, buah,kalo binatang sih udah sering ..mudah-mudahan kalau adiknya udah agak besaran dikit dan aku ga terlalu repot kayak sekarang.waktuku untuk menstimulus Rana lebih banyak. aamiin.
Ya ALLAH,terima kasih atas anugrah ini..kau telah percayakan 2 amanah ini..semoga aku bisa menjadi ibu yang baik bagi mereka dan menunaikan hak mereka dengan baik pula. aamiin.sampai jumpa di bulan berikutnya Insya ALLAH..sehat terus ya anak-anakku!!

Tidak ada komentar: