Kamis, 05 Agustus 2010

Lulus ujian gastroenteritis

Sudah lama ga posting jadi merasa bersalah dengan blog ini. Padahal komputer nyala 24 jam..hmm memang menulis itu butuh motivasi dan niat yang kuat ya.

Postingan kali ini totally about Rana,si eneng imut yg udah mulai bisa ngambek dan tantrum.
Gastroenteritis (GE)
Setelah membangga-banggain diri walaupun dalam hati kalo anakku ga pernah kena diare dari mulai lahir,akhirnya ujian itu dateng juga. Awalnya Rana panas dikisaran 38 derajat,lanjut dengan kehilangan nafsu makan sama sekali,anything yang biasanya Rana doyan ditolak semua. Akhirnya saya memutuskan membawa Rana ke markas sehat,tujuannya hanya untuk konsultasi aja karena saya agak khawatir dengan BBnya yang stagnan di 9,2 kg sejak 17 bulan. sempet terpikir,apa Rana kena silent ISK atau cacingan.karna anaknya susah makan sekali.ketemu dgn dr.windhi, ngobrol kurang lebih 1 jam.saat itu dimarkas sehat pasiennya cuma kami.

Dr.Windhi memplot BB Rana di growth chart dari WHO,memang Rana BBnya stagnan,bahkan sempat turun karna sering sakit mulai dari HFMD,roseola,panas 5 hari yg ga jelas,batpil yang membuat BBnya ga naik-naik. Diskusi berlanjut dengan mencari penyebab BBnya yg stagnan,bisa faktor fisiologis spt penyakit atau faktor psikologis. Pada waktu di markas sehat,Rana BAB 2 kali dan encer bgt.dr.Windhi langsung mengambil kesimpulan,Rana kena gastroenteritis alias terinfeksi virus rotavirus. Hmmm, bakal turun lagi deh BB anakku.

Alhamdullilah seneng banget berhasil home treatment(HT).dari mulai panas Rabu dan mencret keesokan harinya..hari Ahad tekstur BABnya mulai ada ampasnya walaupun frekuensinya masih sering. GE kan tidak perlu obat,tidak perlu obat anti diare..cukup dijaga jangan sampai dehidrasi. Selama GE melanda,Rana memang sama sekali ga mau makan. ASI,ASI dan ASI saja...rewelnya bukan main.Oralit dia ga suka,tapi kita terpaksa suapin pake sendok sambil anaknya dipegangin. Rana sampe jerit-jerit histeris setiap liat sendok.trauma dia sama rasa pharolit(oralit rasa jeruk)

Saya paksain juga makan pisang,apel,yoghurt..pokoknya semuanya serba dipaksa..maaf ya sayang karena itulah satu-satunya cara supaya ada sesuatu yg masuk.Alhamdulillah lambat laun tekstur BABnya mulai berampas.frekuensinya pun secara bertahap berkurang.GE menguras energinya,Rana tampak lemas dan rewel.Ibunya harus sabar dan menjaga emosi..

Hikmah dari GE ini,akhirnya Rana lulus toilet training.sekarang kalau mau BAB/BAK dia selalu bilang. Dan BABnya sekarang sudah bisa di toilet sambil duduk.senangnya...imbas negatifnya,BBnya langsung turun drastis,anakku hanya tinggal kulit dan tulang saja..hiks hiks sedih kalau ngeliat anakku kayak anak kurang gizi..entah bagaimana caranya naikin BBnya lagi.karena tanpa sakitpun udah kurus.
Apalagi kena GE :(

Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

Anonim mengatakan...

weleh.. rana..rana..
udah sehat kan sekarang?
ayoo..yang pinter ya maemnya.. kasian tuh bundanya ampe kurus mikirin rana yang gak mau maen..
**padahal mah si bunda kegirangan bisa kurus lagi :p**