Jumat, 27 Agustus 2010

Bunda kurusan!!

Maaf sebelumnya bagi yang ga berkenan baca postingan kali ini karena dijamin penuh kenarsisan dan sungguh sangat tidak penting.hehe..

Badan melar pasca melahirkan kayaknya hampir menjadi momok yang ditakutkan buat wanita ya?termasuk saya. Ketakutan untuk ga menarik lagi,minder sama suami krn badannya kayak papan contohnya suamiku(jd klo jalan berdampingan mirip angka 10).Alhamdulillahnya suami orangnya santai tidak banyak menuntut dan cukup menerima apa adanya.

Salah satu mitos yang salah kaprah yg masih dianut saya jaman hamil dan melahirkan anak pertama plus dikomporin oleh ibu-ibu tetangga mamah..kayak gini nih
"hamil harus banyak makan,porsinya dobel kan buat 2 orang!" Begitu juga pas masa menyusui ekslusif.
"Makannya jangan diet dulu,gemuk ga papa demi anak.makan yang banyak biar ASInya banyak!"
Kira-kira begitulah...
Alhasil saya yang hoby makan,merasa senang dengan komporan ibu-ibu itu hehe,dilahaplah semua makanan tanpa mikir dua kali dan sebodo amat badan mau segembrot apa,kan demi anak!(Yihaa pembenaran :P)setiap nyendok nasi kayaknya kurang lengkap deh kalau ga sementung kayak gunung.ngemiiil,apa aja dimakan...maka sukseslah berat badan saya bertambah.

Sebelum berat badan kembali normal emm saya hamil lagi anak ke-2. Bye bye deh kurus!ga pernah mimpi tubuh bisa kembali normal seperti masa kuliah dulu di berat badan 49-50 kg.

Nah setelah melahirkan anak kedua insaflah saya, berkat beberapa komentar orang-orang sekitar.dari mulai suami,temen deket, temen jauh,tetangga dll. Setiap ketemuan ama temen yang udah lama ga ketemu misal temen SMA dulu pasti komen
"Ih Fithri kamu lucu deh !" Maksudnya kyk badut
"Gemuk yah sekarang!" Dan komen-komen lainnya yang alhamdulillah ga bikin saya marah kok tapi jadi banyak berkaca diri. Anak ke-2 udah segemuk ini gimana dengan anak-anak selanjutnya.??

Dimulailah program menurunkan BB dari 66 kg ini,menyingkirkan lemak-lemak tidak penting dengan senam . Cuma senam ini baru niat,realitanya saya ga pernah bisa ikutan senam dikomplek entah karena bentrok acara lain atau guru senamnya ga bisa hadir. Yang kedua mengurangi porsi karbo, ga segila biasanya hehe. Dan yang penting memenuhi semua unsur dari piramida makanan. Ibu menyusui bukan harus makan banyak tapi harusnya bergizi dan seimbang. Ga melulu harus karbonya yang dibanyakin,tapi sayur dan buah ga kalah penting. Makanan ibunya bergizi,Insya Allah berpengaruh ke kualitas ASInya. Realitanya,saya memang mengurangi porsi nasinya,cuma tetep amat teramat jarang makan sayur karena saya ga terlalu doyan sayur.

Yang ketiga,menyusui secara ekslusif menurut yang saya baca sih bisa membuat tubuh ibunya kembali normal.walaupun dalam kasus anak pertama,itu ga berlaku buat saya hiks

Yang keempat,mengerem dan manahan diri untuk tidak makan ataupun ngemil diatas jam 7 malem.walaupun godaan mie tek tek yang lewat di depan rumah selalu merayu-rayu,dikuranginlah jadi cukup seminggu sekali aja.

Yang terakhir dan kayaknya paling signifikan untuk mengurangi berat badan adalah banyak bergerak. Ya merepotkan diri sendiri,ga banyak duduk,leyeh-leyeh apalagi tidur mulu.hadeuuuh itu mah saya banget dulu pas lagi hamil. Tuntutan jaman caelah...punya 2 baby yang satu lagi aktif-aktifnya bereksplorasi,yang satunya bau ibu banget alias kemana-mana harus digendong.bahkan ditaruh sebentarpun udah protes merengek-rengek. Malem ngajakin begadang mulu. Selalu diatas jam 11 baru tergolek tepar dikasur itupun harus rela tidur terbangun 2-3 kali karena bayi-bayi minta nenen. Ga jarang keduanya bangun berbarengan dan saya jadi rebutan,karena dua-duanya maunya sama ibu,digendong ayahnya ga mau. Capek?! Yup apalagi saya ngasuh sendiri,tentunya sama suami kalo beliau lagi ada dirumah. Tapi ya Alhamdulillahnya capek itulah yang bikin saya kurusan.

Terakhir nimbang diangka 53 kg..ya masih 3-4 kg an lagi lah..tapi tenang aja ga usah dipikirin harus kurus.Insya Allah nanti juga kurus sendiri kok, asal makannya aja dijaga dan ga terlalu banyak ngemil-ngemil ga sehat. Kalo ngemil buah nah itu baru benar dan sehat !!
Sekarang saya sedang menikmati komen-komen orang-orang sekitar yang bilang.."kayaknya kurusan deh sekarang!"
"pipinya ga segembil waktu abis melahirkan!"
"kok bisa cepet banget kurusnya abis ngelahirin?"
hihihi..Alhamdulillah saya jawab sambil cengar cengir bangga..yaa paling engga baju-baju yang lama nangkring dilemari menunggu si empunya kurusan mulai satu persatu bisa dipake. rok-rok lama,mulai masuk walaupun masih dipaksa plus engap kalau dipake..ya setidaknya ada kemajuan ya.

So..let's enjoy our parenthood !! :)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

Anonim mengatakan...

iya ih...fithri kok kurusan ya sekarang..

**biar seneng :D **